KLASIFIKASI BIDANG USAHA JASA KONSTRUKSI

Bidang usaha jasa konstruksi terdiri dari 1). Klasifikasi jasa pelaksana konstruksi dan jasa konstruksi terintegrasi (EPC) untuk kontraktor, 2). Klasifikasi jasa perencana dan pengawas konstruksi untuk konsultan.

JASA PELAKSANA KONSTRUKSI

  1. BANGUNAN SIPIL
    BANGUNAN SIPIL
  2. INSTALASI MEKANIKAL DAN ELEKTRIKAL
    INSTALASI MEKANIKAL DAN ELEKTRIKAL
  3. JASA PELAKSANA LAINNYA
    JASA PELAKSANA LAINNYA
  4. JASA PELAKSANA SPESIALIS
    JASA PELAKSANA SPESIALIS
  5. JASA PELAKSANA KETERAMPILAN
    JASA PELAKSANA KETERAMPILAN
Lingkup pekerjaan jasa pelaksana konstruksi antara lain meliputi pekerjaan pembangunan gedung/bangunan dan infrastruktur, pembangunan fasilitas industri dan pabrik, jalan dan jembatan, DAM, pelabuhan, pembangkit tenaga listrik termasuk pekerjaan pemeliharaan dan perbaikan, pekerjaan penggalian dan pengurukan, pembukaan lahan, pekerjaan pemasangan perpipaan air, minyak dan gas, instalasi mekanikal dan elektrikal serta jaringan telekomunikasi termasuk pekerjaan fabrikasi fasilitas industri, minyak dan gas untuk berbagai proyek pemerintah atau swasta.

JASA PERENCANA DAN PENGAWAS KONSTRUKSI 

Konsultan Konstruksi adalah usaha jasa perencana dan pengawas konstruksi dengan klasifikasi yang terdiri dari Arsitektur, Perencana Rekayasa, Perencanaan Tata Ruang, Pengawasan Arsitektur, Pengawasan Rekayasa, Pengawasan Tata Ruang, Konsultan Spesialis dan jasa konsultan lainnya.
Lingkup pekerjaan konsultan konstruksi antara lain antara lain meliputi jasa design arsitektural bangunan, design interior, lansekap, design struktur bangunan, jasa survey permukaan dan bawah tanah, jasa penilai, jasa studi kelayakan, studi analisis dampak lingkungan, engineering design, perencanaan tata kota/wilayah, jasa prospektur geologi, jasa pembuatan peta, jasa pengujian dan analisis, jasa manajemen proyek terkait konstruksi bangunan, sipil dan transportasi, jasa inspeksi teknik serta jasa pengawas pekerjaan konstruksi untuk berbagai proyek pemerintah atau swasta.
Klasifikasi dan Sub Klasifikasi