1. KUALIFIKASI KECIL - K1
    TENAGA KERJA Tenaga ahli harus memiliki Sertifikat Keahilan (SKA) dengan kualifikasi ahli muda minimal 1 orang untuk ditetapkan sebagai Penanggung Jawab Teknik (PJT) dan Penanggung Jawab Klasifikasi (PJK). KEUANGAN Perusahaan harus memiliki nilai kekayaan bersih paling sedikit Rp. 50.000.000,- (limapuluh juta). PENGALAMAN KERJA Tidak dipersyaratkan
  2. KUALIFIKASI KECIL - K2
    TENAGA KERJA Tenaga ahli harus memiliki Sertifikat Keahlian (SKA) dengan kualifikasi ahli muda untuk ditetapkan sebagai Penanggung Jawab Teknik (PJT dan Penanggung Jawab Bidang (PJK). Untuk PJT 1 orang dan untuk PJK sesuai klasifikasi yang diajukan permohonan. KEUANGAN Perusahaan harus memiliki nilai kekayaan bersih paling sedikit Rp. 100.000.000 (seratus juta). PENGALAMAN KERJA Telah memiliki pengalaman kerja sesuai sub klasifikasi dengan nilai komulatif selama kurun waktu 10 tahun mininimal Rp. 500 juta.
  3. KUALIFIKASI MENENGAH - M1
    TENAGA KERJA Tenaga ahli harus memiliki Sertifikat Keahlian (SKA) dengan kualifikasi ahli madya untuk ditetapkan sebagai Penanggung Jawab Teknik (PJT) 1 orang dan Penanggung Jawab Klasifikasi (PJK) 1 orang . Perusahaan juga harus memiliki 1 orang tenaga ahli untuk setiap 2 klasifikasi yang diajukan perusahaan. KEUANGAN Perusahaan harus memiliki nilai kekayaan paling sedikit diatas Rp. 150.000.000 (seratus lima juta). PENGALAMAN KERJA Telah memiliki pengalaman kerja per sub klasifikasi/sub bidang dalam kurun waktu 10 tahun terakhir dengan nilai total komulatif Rp. 750 juta. Khusus permohonan baru tidak dipersyaratkan.
  4. KUALIFIKASI MENENGAH - M2
    TENAGA KERJA Tenaga ahli harus memiliki Sertifikat Keahlian (SKA) dengan kualifikasi ahli madya untuk ditetapkan sebagai Penanggung Jawab Teknik (PJT) 1 orang dan Penanggung Jawab Klasifikasi (PJK) 1 orang. Perusahaan juga harus 1 orang tenaga ahli setiap 2 sub klasifikasi yang diajukan. KEUANGAN Perusahaan Perusahaan harus memiliki nilai kekayaan bersih paling sedikit Rp. 300.000.000,- (tigaratus juta) PENGALAMAN KERJA Telah memiliki pengalaman kerja per sub klasifikasi/sub bidang dalam kurun waktu 10 tahun terakhir dengan nilai total komulatif Rp. 1,5 milyar
  5. KUALIFIKASI BESAR - B
    TENAGA KERJA Tenaga ahli harus memiliki Sertifikat Keahlian (SKA) dengan kualifikasi ahli madya untuk ditetapkan sebagai Penanggung Jawab Teknik (PJT) 1 orang dan sebagai Penanggung Jawab Klasifikasi (PJK) 1 orang. Perusahaan juga harus memiliki 1 orang tenaga ahli untuk setiap sub klasifikasi yang diajukan. KEUANGAN Perusahaan harus memiliki nilai kekayaan bersih paling sedikit Rp. 500.000.000 (limaratus juta) dengan melampirkan bukti laporan keuangan dari Akuntan Publik. Untuk BUJK PMA dan BUJKA harus memiliki nilai kekayaan bersih minimal Rp. 10 milyar. PENGALAMAN KERJA Telah memiliki pengalaman kerja per sub klasifikasi/sub bidang dalam kurun waktu 10 tahun terakhir dengan nilai total komulatif Rp. 2,5 milyar

PERSYARATAN KUALIFIKASI SERTIFIKAT BADAN USAHA (SBU) JASA PERENCANA DAN PENGAWAS KONSTRUKSI

Permohonan SBU dapat diajukan oleh BUJK Nasional, BUJK PMA atau BUJK Asing dengan ketentuan sebagai berikut;

  1. Setiap permohonan baru, perubahan data atau peningkatan kualifikasi (Up-Grade) serta perpanjangan harus memenuhi persyaratan tenaga kerja, keuangan dan pengalaman kerja.
  2. Khusus untuk permohonan baru SBU Jasa Pelaksana Konstruksi hanya bisa diberikan kualifikasi kecil K1, kualifikasi menengah M1 atau kualifikasi besar B.
  3. Permohonan baru kualifikasi K1 dan menengah M1 hanya bisa diajukan oleh Badan Usaha Jasa Konstruksi Nasional (BUJK Nasional).
  4. Permohonan baru kualifikasi B hanya bisa diajukan oleh Badan Usaha Jasa Konstruksi Penanaman Modal Asing (BUJK PMA) atau Badan Usaha Jasa Konstruksi Asing (BUJKA).